16 Jul 2020

Dunia Plastik

mau berbagi sedikit mengenai masalah pekerjaan, sekarang sy banyak berkecimpung di pabrik manufaktur plastik, lebih tepatnya packaging plastic. yang bisnis utamanya berupa kemasan plastik untuk food dan beverages. contoh berupa tray dan lid serta cup / gelas oz -oz an.

nih contohnya






dari jenis2 tray serta lid, saya jadi tahu tentang jenis bahan plastik pembentuknya, dimana ada
PET, PP, PS dan PVC, namun yang PVC sudah tidak pernah digunakan untuk makanan karena menurut informasi yang beredar bahannya berbahaya jika digunakan sebagai tempat / wadah makanan, karena akan ada zat bermigrasi dan berbahaya bagi kesehatan.

sebenernya seru, jika kita lihat proses pembentukan packaging ini. ada unsur2 yang dipelajari di fisika dulu yang berperan sebagai landasan teori dalam pembentukan produk. saya jadi lebih paham dimana batas benda bersifat plastis..ada titik dimana plastik tersebut menjadi plastik yang tidak bisa dibentuk karena kehilangan sifat elastis bahannya. dan yang mempengaruhi itu cuma 1.. yaitu unsur Panas. .

dari awal sampai dia berbentuk produk,unsur panas selalu dominan bermain di setiap proses..

sebagai contoh, pada proses bijih plastik menjadi lembaran, terdapat proses ekstruder, dimana lelehan bijih plastik tersebut di bentuk menjadi lembaran plastik.. di sini faktor titik leleh bahan sangat dominan, jika kita mau mencampur bahan yang berbeda titik leleh, harus diamati saat bahan itu keluar dari leher extruder dia bisa homogen atau tidak, dan mengamati fenomena seperti itu sangat menarik, sehingga saya tahu. untuk yang MFR nya tinggi itu lebih cocok untuk bermain di arah injection dibandingkan forming.

-to be continued-














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal dan Pembahasan Kinematika Gerak

            1.      Mobil A dan Mobil B bergerak saling menjauh dari saat t = 0 s , dengan kecepatan konstan        berturut-turut sebesar 2...